899 Tim Gabungan Siap Amankan Nataru 2023 di Pacitan | Polres Pacitan

899 Tim Gabungan Siap Amankan Nataru 2023 di Pacitan

PACITAN-8.99 personel tim gabungan TNI-Polri siap untuk mengamankan selama libur Natal dan Tahun baru 2023 di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Penegasan tersebut disampaikan Kapolres Pacitan, AKBP Wildan Alberd usai memimpin apel operasi lilin nataru tahun 2023 di mapolres Pacitan (Jalan Jendral Ahmad Yani No. 60, Pacitan) sekaligus melakukan pengecekan dan kelengkapan personel.

“Untuk Nataru kami menurunkan 8.99 personel, nanti, alhamdulillah setelah kami cek keseiapannya sudah aman dan siap dimulai. Kemudian untuk masa operasi lilinnya selama 11 hari 23 Desember 2022-2 Januari 2023 mendatang,”katanya, Kamis (22/12/2022).

Lanjut dia mengatakan untuk titik fokus nanti yang paling menjadi perhatian yakni di bagian masyarakat melakukan mudik, sebab kata AKBP Wildan Alberd momentumnya pas nataru tersebut pada hari libur.
“Nanti menjadi titik fokus pertama di bagian arus masyarakat pulang atau mudik, kemudian objek wisata, alun-alun dan juga tempat masyarakat merayakan natal,”imbuhnya.

Terlebih angka Covid-19 saat ini menurun, sehingga pembatasan aktivitas makin longgar banyak masyarakat yang mengunakan hari nataru untuk beraktivitas maupun mudik.

“Kita ketahui Covid-19 sudah bisa terkendali dan aktivitas dilonggarkan. Terlebih banyak masyarakat yang menunggu moment Nataru 2022-2023 ini,”terangnya.

Maka pihaknya harus ektra dalam pelaksanaan pengamanan Nataru di Kabupaten Pacitan agar masyarakat betul-betul merasa aman dan tentram. Tak kalah penting dia menambahkan jangan sampai terjadi kemacetan di jalur objek wisata.

“Harus betul-betul disiapkan agar masyarakat merasa aman dan nyaman. Juga dijalur objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan, diatur sedemikian rupa mulai dari jalur, tempat parkir dan pembangian jalan,”jelasnya.

Sementara untuk segi ancaman AKBP Wildan Alberd sesuai anev 2021 Kabupaten Pacitan masih dalam kategori aman, hanya saja sering terjadi bencana alam tanah longsor, untuk ancaman lainnya dia menegaskan kondisi Pacitan aman.

“Kalau potensi ancaman aman untuk Pacitan, kalau di sini paling sering bencana alam tanah longsor. Sementara soal penanganannya kami sudah punya grup WA untuk koordinasi lintas sektoral agar penangananya cepat,”ucapnya.

Tak hanya gelar apel saja. Kali ini Polres Pacitan bersama Forkopimda pun melenyapkan minuman alkohol hasil dari operasi lilin 2022 dengan harapan selama nataru tidak ada yang menum-minuman keras. Sehingga kondisi tercipta aman dan tentram.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *