Kapolsek Pacitan menghadiri acara pembentukan kelurahan tangguh bencana di gedung wisma atlet Pacitan | Polres Pacitan

Kapolsek Pacitan menghadiri acara pembentukan kelurahan tangguh bencana di gedung wisma atlet Pacitan

polrespacitan.id. PACITAN. Kapolsek Pacitan, AKP Kusnan menghadiri acara Pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana yang dilaksanakan di Wisma Atlet Kab. Pacitan hari ini, Kamis (13/12/2018).

Memasuki musim penghujan khususnya di wilayah Kab. Pacitan, Kelurahan Pacitan dan Kelurahan Sidoarjo Kab. Pacitan bekerjasama dengan BPBD Kab. Pacitan serta Kepolisian Resort Pacitan membentuk Kelurahan Tangguh Bencana. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kapolsek Pacitan, Lurah Pacitan beserta staf Kelurahan, Lurah Sidoarjo beserta staf Kelurahan, Ketua BPBD Kab. Pacitan, serta ketua Rukun Warga Kel. Pacitan dan Kel. Sidoarjo.

kota
Berdasarkan Perka BNPB No. 1/2012 tentang Pedoman Umum Desa/Kelurahan Tangguh Bencana, Desa/Kelurahan Tangguh Bencana adalah sebuah desa atau kelurahan yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. Kemampuan ini diwujudkan dalam perencanaan pembangunan yang mengandung upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pascabencana. Dalam Destana, masyarakat terlibat aktif dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau, mengevaluasi dan mengurangi risiko-risiko bencana yang ada di wilayah mereka, terutama dengan memanfaatkan sumber daya lokal demi menjamin keberkelanjutan.

Tujuan khusus pengembangan Destana ini adalah:
  1. Melindungi masyarakat di kawasan rawan bahaya dari dampak-dampak merugikan bencana.
  2. Meningkatkan peran serta masyarakat, khususnya kelompok rentan, dalam pengelolaan sumber daya untuk mengurangi risiko bencana.
  3. Meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dan pemeliharaan kearifan lokal bagi PRB.
  4. Meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis bagi PRB.
  5. Meningkatkan kerjasama antara para pemangku kepentingan dalam PRB, pihak pemerintah daerah, lembaga usaha, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyakarat (LSM), organisasi masyarakat, dan kelompok-kelompok lainnya yang peduli

 Polsek Pacitan selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat tentu sangat mendukung terbentuknya program Kelurahan Tangguh Bencana ini. Polsek Pacitan selalu siap sedia apabila dibutuhkan dalam pelaksanaan program tersebut. Dengan adanya program tersebut diharapkan masyarakat terutama di Kelurahan Pacitan dan Kelurahan Sidoarjo semakin waspada, sigap, tanggap dan tangguh dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi di Kab. Pacitan. (Ekr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *