UPACARA BERSAMA HARI KESAKTIAN PANCASILA | Polres Pacitan

UPACARA BERSAMA HARI KESAKTIAN PANCASILA

IMG_3216

Kapolres Pacitan bersama forkopimda menghadiri upacara kesaktian Pancasila

polrespacitan.id -. Tanggal 1 Oktober merupakan salah satu hari bersejarah dari negara Republik Indonesia sehingga diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Pada 50 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 1 Oktober 1965 adalah hari selamatnya bangsa Indonesia dari pemberontakan Gerakan 30 September (G.30.S).

Menurut sejarah pada masa itu telah terjadi pemberontakan dan pembunuhan terhadap para Jenderal.Tepatnya Pada 30 September telah terjadi penculikan dan pembunuhan terhadap jenderal-jenderal putra terbaik bangsa Indonesia. Mereka yang menjadi korban itu adalah : Letnan Jenderal A. Yani, Mayjen R. Suprapto, Mayjen Haryono, Mayjen S. parman, Brigjen D.I. Panjaitan, Brigjen Sutoyo, Letnan Satu Pire Andreas Tendean, dan Brigadir Polisi Karel Susult Tubun. Sementara Jenderal A.H. Nasution berhasil meloloskan diri dari kepungan G.30.S PKI, meski kakinya kena tembak dan putrinya Ade Irma Suryani menjadi korban dan beberapa hari kemudian meninggal dunia.

Guna mengenang perjuangan para pahlawan bangsa dalam menumpas pemberontakan G30S PKI yang menimbulkan kekacauan pada saat itu, maka ditetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari kesaktian Pancasila dan diperingati dengan melaksanakan upacara bendera yang dilaksanakan oleh semua  instansi yang di wilayah negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di wilayah kabupaten Pacitan pada hari Kamis tanggal  1 Oktober di halaman pendopo Kabupaten Pacitan telah dilaksanakan upacara memperingati hari kesaktian Pancasila. Peserta upcara yang hadir dari unsur TNI, Polres Pacitan, Satpol PP, Korpri, pramuka, pelajar dan mahasiswa yang di di wilayah Kabupaten Pacitan. Kapolres Pacitan dan tamu undangan lain dari unsur forkompimda menghadiri dan mengikuti kegiatan upacara  dengan hikmad. bertundak sebagai pengambil upacara adalah bupati pacitan. dalam sambutannya Bupati Pacitan menekannya tengtang pentingnya menghargai sejarah dan jasa para pahlawan serta untuk meneledani dan menjdaikan pelajaran tentang pancasila sebagai dasar negara. (hr)

IMG_3234 IMG_3228

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *